PENGERTIAN IPTEK

mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa itu IPTEK??

IPTEK ialah sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi. IPTEK saat ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan teknologi

teknologi canggih yang dapat membantu kehidupan manusia. Namun, semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, malah menimbulkan efek negatif kepada manusia. Adapun dampak negatif IPTEK antara lain

- IPTEK bisa merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral seseorang. Misalnya, konten porno, kekerasan, game online, dan lain-lainnya.

- IPTEK membuat orang semakin malas, IPTEK mempunyai tujuan mempermudah/memanjakan manusia. Jadi manusia kini semakin malas karena sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.

- IPTEK menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK memang semakin maju dan banyak dimanfaatkan. Namun disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK tersebut.

- IPTEK menimbulkan perpecahan dan peperangan. Perkembangan IPTEK di dunia pertahanan dan keamanan telah menciptakan mesin pembunuh yang sangat mematikan.

Selain sisi negatif, IPTEK juga mempunyai sisi positif, diantaranya adalah sebagai berikut.

- IPTEK mampu meringankan masalah yang dihadapi manusia.

- IPTEK mengurangi pemakaian bahan – bahan alami yang semakin langka.

- IPTEK membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat

- IPTEK membawa manusia kearah lebih modern.

Perkembangan IPTEK saat ini

- Smartphone
- Nuklir
- Pesawat tanpa awak milik AS
- Robot Pelayan
- Televisi LCD, LED, dan Plasma
- Internet
- Mobil terbang
- Facebook, Twitter, Fb.co.id, dan jejaring sosial lain.
- Ipad
- Laptop/notebook
- Playstation
- Dll

Demikiianlah penjelasan dan pengertian mengenai IPTEK. Pesan penulis adalah kita sebagai manusia harus sadar akan perkembangan teknologi, akan tetapi kita harus punya aturan dalam hal IPTEK. Jangan sampai IPTEK membuat kita lupa akan batasan penggunaannya.

sumber : http://www.tutorialto.com/pendidikan/1821-pengertian-iptek.html

Leave a Comment